Sabtu, 22 September 2012

pidato Bahaya Rokok


Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Selamat pagi semua
Juri yang terhorrmat, para guru yang terhormat, kakak-kakak dan teman-teman sekalian.
Kita ucapkan terima kasih kapada Tuhan karena sudah memberikan kesempatan kepada kita untuk berkumpul disini  hari ini.

Pertama-tama saya ingin memperkenalkan diri nama saya: Lia Monica Sari, saya berasal dari SMP PGRI 6 Jabung.

Para guru dan teman-teman yang saya hormati.
Hari ini saya menyampaikan pidato tentang merokok dengan judul “merokok adalah kebiasaan buruk dalam hidup kita”

Teman –teman.
Sudah kita ketahui merokok adalah kebiasaan sehari-hari mayoritas orang Indonesia.
Banyak perokok tau tentang bahaya merokok tetapi mereka tidak takut lalu mencoba untuk berhenti merokok. Karena itu, kita sebagai generasi muda harus memahami bahwa merokok adalah kebisaan buruk dalam kehidupan sehari-hari. Merokok adalah kebiasaan buruk karena tiga factor yaitu:
1.      Mengandung zat beracun
2.      Mengakibatkan penyakit seperti kanker
3.      Mahal

Para guru dan teman-teman yang saya hormati
Yang pertama dari fakror kebiasaam merokok adalah mengandung zat beracun. Kita seharusnya tidak boleh mengkomsumsi rokok karna tidak baik untuk kesehatan. saya yakin kalian tau banyak zat berbahaya dalam rokok contohnya zat nikotin yang kandungannya berbahaya dan dapat menimbulkan panyakit parah. Tak hanya berbahaya untuk perokok tetapi juga berbahaya untuk kita. Jika kita dekat dengan perokok. Jadi, apabila ada perokok dekat dengan kamu, berkata kepada dia untuk mematikan rokoknya dengan kata –kata yang sopan. Teman sekalian selanjutnya saya akan menyebutkan faktor yang ke dua yaitu merokok dapat mengakibatkan penyakit kanker, gangguan kehamilan dan janin dan lain-lain. Salah satu faktor banyak orang Indonesia karena morokok, mayoritas adalah pelajar !
Kebanyakan pelajar meninggal karena merokok dan minuman keras. Ini sangat mengecewakan!!!!!!! Generasi muda meninggal karena salah jalan
Para guru dan teman-teman yang saya hormati
Terahir, rokok mahal. Ta
hukah kamu??? Harga rokok adalah 7-10 ribu rupiah atau lebih tiap satu bungkus, bisa kamu bayangkan seorang pelajar atau seorang perokok mengeluarkan uang mereka untuk membeli sebungkus rokok setiap hari dan jumlahkan setiap minggunya, setiap bulan dan setiap tahun? Jika satu hari untuk membeli satu bungkus rokok adalah 8 ribu, jadi dalam satu minggu menghabiskan 56 ribu dalam satu bulan 240 ribu dan dalam satu tahun 2 jt lebih. Itu apabila dalam satu hari hanya satu bungkus jika dua, tiga atau empat bungkus perhari ? Berapa banyak uang untuk merokok ? ini menyebabkan krisis ekonomi di keluarga dan pelajar tidak bisa menggunakan uang saku mereka untuk sekolah, merokok bukan kebiasaan yang baik untuk kita sebagai generasi muda. Jadi teman-teman mulai sekarang kita “ belajar yang benar berhenti merokok”  dan menjadi murid yang terbaik untuk Negara dan sekolah kita .
Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum warahmaatullahiwabarakatuh.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar